href='http://www.blogger.com/favicon-image.g?blogID=5195730972603891725' rel='icon' type='image/x-icon'/>

Selamat Datang/Wilujeng Sumping

Selamat datang di blog ini semoga mampu memberi manfaat bagi kita semua

Memory in al-fatah

Album Foto Sdit Al Fatah Slideshow: Nana’s trip from Bekasi, Java, Indonesia to Jakarta was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

Selasa, 27 Juli 2010

Kajian Mendalam

HAKIKAT MANUSIA

Pertanyaan mendasar yang perlu dipertanyakan agar kita mengertia akan arti diri atau eksistensi diri sebagai manusia yang hidup di alam dunia ini tentunya harus dapat menjawab beberapa pertanyaan mendasar diantaranya sebagai berikut:
1. Siapakah diri kita (manusia) itu sebenarnya?
2. Dari manakah manusia berasal?
3. Apa yang harus diperbuat oleh manusia?
4. Apa tujuan manusia hidup di dunia ini?

Marilah kita urai pertanyaan di atas secara terperinci. Untuk menjawab seluruh rasa penasaran yang terbesit dalam alam pikiran manusia, terutama pertanyaan Pertama, Manusia adalah makhluk (B. Arab) artinya sesuatu yang baru yang terjadi karena sebab sesatu. Secara logika tidak ada manusia yang tercipta secara sendiri, setiap benda atau makhluk tentu ada asal mulanya. Manusia pertama kali diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang harus menghuni Alam jagat raya (alam dunia). Manusia yang tercipta ke dunia bernama Adam AS.
Kedua, Manusia berasal dari sari pati tanah ( Tiin) yang merupakan bahan dasar dari terbentuknya manusia. Secara berurutan hingga terbentuknya manusia berasal dari sperma laki-laki yang bercamapur dengan sel telur wanita hingga tumbuh menjadi zigot dan bila masanya tiba menjadi janin dan lahirlah seorang bayi manusia. selanjutnya pertanyaan ke-tiga yaitu yang harus diperbuat oleh manusia adalah mengikuti aturan Allah atau sesuai dengan sunatullah. Selamanya harus tunduk dan patuh kepada aturan yang telah diberikan oleh Allah berupa syariat yaitu Islam. Selanjutnya pertanyaan terakhir yaitu ke-empat, tujuan manusia hidup di alam dunia atau tercipta tidak lain dan tidak bukan hanya untuk menyembah atau mengabdi kepada sang kholiq atau yang maha pencipta. Kita harus menyadari bahwa kita terlahir bukanlah secara tiba-tiba tetapi sesuai dengan rencana Sang Kholiq. Manusia tercipta hanya untuk mengabdi kepada Allah SWT.
Demikianlah uraian singkat sebagai rasa kasih sayang terhadap saudara yang menginginkan pencerahan dalam hidupnya. Semoga bermanfaat untuk bahan kajian dan wawasan sekedar menjawab rasa penasaran yang mungkin selama ini mempertanyakan tentang eksistensi diri agar selalu bermakna dalam segala aktivitas hidupnya. Walahualam bishawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amazing Camp